Tata Cara Memperoleh KTKLN
PDF
Cetak
Surel
Senin, 01 Juli 2013 15:18
TATA CARA MEMPEROLEH KTKLN
  1. Dalam rangka melaksanakan peraturan perundang-undangan di bidang penempatan dan perlindungan TKI serta untuk memastikan bahwa TKI yang bekerja ke luar negeri telah memenuhi persyaratan maka setiap TKI wajib memiliki Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) sebagaimana diamanatkan dalam UU No.39 Tahun 2004 dan Permenakertrans Nomor PER-14/MEN/X/2010 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri.
  2. KTKLN merupakan kartu identitas bagi TKI sebagai bukti bahwa TKI yang bersangkutan telah memenuhi persyaratan dan telah mengikuti prosedur untuk bekerja ke luar negeri.
  3. Persyaratan untuk mendapatkan KTKLN bagi TKI yang ditempatkan oleh PPTKIS harus melampirkan dokumen sebagai berikut :
    1. Paspor
    2. Visa Kerja
    3. Kartu Peserta Asuransi TKI (KPA)
    4. Surat keterangan telah mengikuti Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP)
    5. Perjanjian Kerja

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara memperoleh KTKLN dapat dibaca Surat Edaran Kepala BNP2TKI Nomor SE.02/KA/V/2012 tentang Penerbitan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN). (Lihat Website JDIH-BNP2TKI)

4. Jangka waktu berlakunya KTKLN sesuai dengan lamanya perjanjian kerja/kontrak kerja TKI yang bersangkutan.

5. Adapun biaya untuk memperoleh KTKLN dibebankan pada Pemerintah (APBN).

6. Pengaduan terhadap Penyimpangan Pelayanan Penerbitan KTKLN disampaikan melalui 0800-1000 atau 021-29244800 (dari Luar Negeri).