Tugas Fungsi Deputi Bidang Penempatan per Direktorat
PDF
Cetak
Surel
Minggu, 16 Desember 2012 23:05
  • Kegiatan Rutin Deputi Bidang Penempatan per Direktorat

Kegiatan rutin yang dilaksanakan Deputi Bidang Penempatan terkait pelaksanaan tugas pokok dan fungsi adalah melaksanakan ketatausahaan yang diperlukan serta menyusun laporan pelaksanaan tugas Deputi Bidang Penempatan, sedang yang dilaksanakan oleh masing-masing Direktorat adalah sebagai berikut :

a. Direktorat Kerjasama dan Verifikasi Penyiapan Dokumen :

1)        Mengarahkan dan menetapkan rencana, program dan anggaran kegiatan Kerjasama dan Verifikasi Penyiapan Dokumen;

2)        Mengkoordinasikan kegiatan kerjasama pelayanan dokumen dengan intansi dan lembaga terkait;

3)        Mengarahkan dan menetapkan penyusunan pedoman, standar, norma, kriteria dan prosedur di bidang pelayanan dokumen;

4)        Merumuskan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang pelayanan dokumen;

5)        Mengendalikan pelaksanaan kebijakan teknis pelayanan dokumen keimigrasian, kependudukan dan kesehatan;

6)        Mengarahkan dan menetapkan sistem dan prosedur kerja pelayanan dokumen;

7)        Mengevaluasi kerjasama pelayanan dokumen;

8)        Menetapkan dan mengendalikan penyusunan laporan dan pelaksanaan pengawasan melekat direktorat;

9)        Mengendalikan penyusunan laporan dan pengukuran akuntabilitas direktorat;

10)     Mengarahkan dan mengendalikan penyusunan laporan kegiatan direktorat;


b. Direktorat Sosialisasi dan Kelembagaan Penempatan :

1)        Melaksanakan kegiatan administrasi surat menyurat, rapat-rapat;

2)        Melaksanakan koordinasi dalam rapat-rapat dengan pihak-pihak terkait di pusat dan daerah;

3)        Melaksanakan pengendalian kegiatan di internal Direktorat Sosialisasi dan Kelembagaan Penempatan agar capaian sasaran yang sudah disepakati dapat

diawasi;

4)        Melaksanakan tugas mendesak lain sesuai perkembangan pelaksanaan program dan kegiatan;

5)        Membuat laporan rutin pelaksanan tugas Direktorat secara berjenjang sesuai pedoman pelaporan yang berlaku di BNP2TKI;

6)        Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.

 

c. Direktorat Penyiapan dan Pembekalan Pemberangkatan :

1)        Memberikan pelayanan Surat Ijin Pengerahan (SIP);

2)        Memfasilitasi penempatan TKI untuk kepentingan perusahaan sendiri;

3)        Memberikan pengantar penjajakan pasar kerja untuk rekomendasi pengesahan Job Order;

4)        Memberikan pelayanan KTKLN Re-Entry TKI Taiwan di BNP2TKI;

5)        Memberikan pelayanan KTKLN terhadap TKI mandiri/pelaut di KPA;

6)        Melayani pengaduan dari BP3TKI, P4TKI dan PPTKIS mengenai kendala-kendala yang dihadapi dalam rangka penerbitan KTKLN dan pengoperasian

SISKOTKLN baik secara langsung maupun melalui telepon, Email dan surat;

7)        Memantau dan evaluasi pelaksanaan penerbitan KTKLN di daerah / BP3TKI;

8)        Memantau dan evaluasi pelaksanaan PAP;

9)        Membuat laporan secara periodik yakni laporan bulanan, triwulan dan tahunan.


d. Direktorat Pelayanan Penempatan Pemerintah

1)    Koordinasi Kerjasama antar Instansi di Dalam Negeri dan Luar Negeri Program G to G;

2)    Persiapan Pelaksanaan Penempatan TKI Program G to G;

3)    Entry dan Perluasan Data Sending Program G to G;

4)    Implementasi Pelaksanaan Tes EPS-KLT Program G to G;

5)    Pelaksanaan Penempatan TKI  Program G to G;

6)    Monitoring dan Evaluasi Penempatan TKI Program G to G;

7)    Uji Kompetensi CTKI Korea Sektor Fishery dan Construction;